Ujian sekolah 2020 alias PAS online yang bikin deg-degan, di sini ada beberapa tipsnya loh!

orang berdiskusi atau belajar bersama

Jadwal ujian sekolah 2020 semester 1 online di akhir November dan Desember tahun ini, selain membuat deg-degan, seperti ujian pada umumnya, juga membuat seluruh siswa harus siap dari segi belajar dan kuota internetnya. Berikut tips ujian sekolah bagi siswa dan orang tua di era pandemi dan belajar di rumah saat ini.

Tips untuk menghadapi ujian sekolah 2020 online, untuk siswa sekolah:

  1. Baca kembali seluruh materi pelajaran dan bab yang diajarkan oleh guru. Jangan sampai ada yang terlewat, karena bisa jadi soal ujian sekolahnya keluar dari bab pembahasan yang terlewat tadi.
  2. Apabila punya LKS, cobalah isi soal ujian semester sekolah yang ada. Biasanya di setiap LKS ada soal semesteran yang bisa diisi sebagai latihan untuk ujian nantinya.
  3. Tanyakan guru via Whatsapp, Zoom atau Google Meet tentang materi atau soal LKS yang kurang dipahami caranya. Apalagi untuk soal seperti Matematika atau IPA yang mungkin agak kurang dimengerti sebelumnya.
  4. Cek aplikasi belajar online gratis dan berbayar yang ada di internet. Bisa dicoba dari yang gratis dulu, dengan menjawab soal-soal try out atau ujian PAS. Biasanya sudah ada kunci jawabannya yang bisa membuat kita paham caranya atau biasanya ada penjelasan lengkap dari jawabannya.
  5. Siapkan kuota internet yang bagus sinyalnya di daerah kamu, agar saat waktu ujian sekolah tiba, tidak perlu bingung kalau loading soal dan isi jawaban jadi lama.
  6. Siapkan perangkat baik hp atau laptop. Cek juga aplikasi untuk ujiannya, misalnya Google Classroom, Google Form, browser Chrome, Zoom, dsb. Update bila aplikasinya kurang cepat untuk merespon.

Tips untuk menghadapi ujian sekolah 2020 online, untuk orang tua siswa:

  1. Sediakan perangkat untuk menunjang pelaksanaan ujian sekolahnya. Apa hp atau laptopnya masih bisa digunakan atau rusak karena mungkin ada virus atau error, semuanya harus dicek, agar lancar menjawab soal ujian.
  2. Siapkan kebutuhan kuota internet, dari tethering atau wifi. Pilih jaringan yang kuat didaerah kita agar tidak terputus saat mengerjakan ujian.
  3. Mendorong siswa agar belajar online lebih giat, mengisi LKS, menyerahkan tugas yang belum selesai, mendorong siswa untuk lebih proaktif bertanya pada guru tentang materi atau soal yang tidak dimengerti. Kalau perlu bantu komunikasikan dengan guru wali kelas atau guru pelajaran yang bersangkutan, materi apa yang sulit bagi siswanya.
  4. Membayar biaya ujian sekolah semester atau PAS dan menerima kartu ujiannya.

Tips diatas bisa dicoba sesegera mungkin agar saat ujian sekolah semester berlangsung semuanya bisa berjalan lancar.

Era pandemi, ujian sekolah online yang dipilih

Di era pandemi dan new normal saat ini, ujian sekolah dilakukan secara online tahun ini. Baik PAS atau UAS, di tengah tahun dan akhir tahun, semuanya dilakukan secara online. Untuk ujian sekolah akhir semester tahun ini, bisa dibilang siswa sudah mulai bisa mengikuti secara online, alias tidak kaget lagi, seperti saat pertama kali ujian sekolah online di tengah tahun ini, karena saat itu banyak kendala dan ketidak siapan dari siswa, orang tua, dan guru. Diharapkan untuk ujian akhir tahun bisa lebih lancar, belajar dari kendala yang dihadapi sebelumnya.

Yang menjadi masalah, mungkin dari sisi kuota internet, jaringan internet atau bahkan materi yang belum dimengerti oleh siswa. Seringkali masalah umum ini yang menjadi kendala yang terus terjadi saat belajar di rumah.

Sudah siapkah kita untuk ujian sekolah 2020 yang sudah di depan mata ini?

Jawabannya tergantung dari diri kita sendiri. Semakin kita mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian sekolah ini, semakin kita bisa menjawab soal-soalnya. Ada beberapa soal ujian sekolah yang beredar di internet yang bisa juga digunakan untuk latihan dan biasanya sudah ada juga jawaban lengkapnya.

Semoga tips diatas bisa membantu siswa dan orang tua dalam mengikuti ujian sekolah semester tahun ini dan bisa mendapatkan hasil yang bagus.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

One thought on “Ujian sekolah 2020 alias PAS online yang bikin deg-degan, di sini ada beberapa tipsnya loh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: