Mau Belajar Online Gratis? Cek 5 Website dan Aplikasinya Di sini!

Create free blog wordpress and blogger

Sejak pandemi, belajar online menjadi cara yang dilakukan oleh siswa untuk membantu memahami pelajaran dari sekolah. Selain kuota internet, yang diperlukan untuk belajar online adalah aplikasi dan website belajar online gratis. Mau tahu apa saja? Cek daftar berikut!

  1. Google. seringnya banyak pertanyaan dari LKS atau tugas dari guru yang sulit dijawab, cara mengatasinya, ya ketik saja pertanyaannya langsung di Google! Mbah Google akan memberikan banyak daftar website yang berisi jawaban dari yang kita cari. Bahkan tidak hanya jawaban saja, bisa juga ada caranya loh!
  2. Youtube. Platform video yang terus melejit tiada tanding di era pandemi dan new normal ini, bisa juga digunakan untuk belajar online gratis loh! Misalnya kamu punya soal Matematika yang sulit banget, whatsapp ke guru dan teman, kok ya tetap enggak ngerti caranya… Coba cek ke youtube! Disitu juga banyak loh caranya! Mau bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, ada semua!
  3. Whatsapp. Aplikasi chatting ini makin asik kalau sedang belajar online. Mau jawaban gampang? Tinggal diskusi deh sama teman, atau minta tolong teman untuk gambar caranya di kertas, lalu difoto dan kirim gambarnya ke kita. Biar bisa paham cara dan sekaligus tahu jawabannya! Kalau ada pelajaran yang tidak dimengerti, juga bisa langsung diwhatsapp ke guru mapelnya. Walau balas chatnya lama, tapi lumayan bisa dapat penjelasan tertulis langsung dari guru yang bersangkutan.
  4. Brainly. Ini website andalan. Semua pertanyaan ada di website ini dan bisa dilihat juga caranya. Lihat jawaban yang paling populer agar tidak terjebak dengan jawaban salah ya.
  5. Google Classroom. Aplikasi gratis dari Google ini adalah aplikasi belajar online gratis yang mudah digunakan. Bayangkan kelas sekolah dipindahkan ke dalam bentuk digital. Ada guru mapel yang membuat kelas khusus untuk tiap mapel, ada tugas yang harus diserahkan, guru mapel bisa tambahkan ppt atau doc didalamnya agar bisa didownload siswa, bahkan guru mapel juga bisa menambahkan google form, youtube, dan file didalam google drive. Bentuknya yang sederhana dan mudah dioperasikan, membuat banyak sekolah memberikan tugas sekolah melalui aplikasi ini.

Nah sudah tahu kan cara belajar online gratis? Jangan lupa, isi kuota kamu supaya cukup untuk mengakses aplikasi dan website di atas. Kalau bisa, gunakan jaringan yang handal supaya kuota internet kamu tetap ada sampai pelajaran selesai. Ingat aplikasi dan website di atas bisa diakses dari hp atau laptop ya, jadi lebih banyak pilihan, mau pakai laptop atau hp saja.

Jangan lupa, cek juga NISN kamu secara online, untuk memastikan data siswa kamu sudah ada di data Kemdikbud ya!

Bonus! Daftar Website Untuk Belajar Online Gratis yang lainnya!

  • Portal Rumah Belajar dari Kemdikbud bisa digunakan untuk belajar online gratis. Di situ ada banyak penunjang buat belajar online. Apalagi didalamnya juga ada bank soalnya, bisa dicoba untuk tahu kemampuan kita dalam memahami pelajaran di sekolah sesuai mata pelajarannya.
  • Sekolah Online Ruangguru 2. Aplikasi yang populer ini juga menyediakan untuk yang gratis loh. Lumayan buat nambah ilmu dan pemahaman kita. Langsung cek ke websitenya untuk cari tahu caranya.
  • Zenius. Di sini kamu bisa dapat video, kumpulan soal dan kunci jawaban yang dapat kamu akses secara gratis loh, baca disini untuk tahu lebih lanjut!
  • Qanda. Aplikasi ini khusus untuk membantu siswa memecahkan pelajaran matematika yang kadang membingungkan. Sudah tanya kesana-sini tapi tetap enggak ngerti juga, coba aplikasi Qanda ini aja, tinggal foto terus langsung dapat jawabannya.
  • Quipper juga menyediakan belajar online gratis yang bisa dicoba loh! Tinggal sign up dan bisa langsung nikmati fitur gratisnya. Cek konten gratis Quipper di sini untuk tahu lebih lanjut!

Jangan lupa semua website dan aplikasi belajar online ini supaya kita bisa semakin memahami pelajaran sekolah ya, jangan digunakan untuk mencontek jawaban saja.

Advertisements
lisda ikhwantini digital solution
Lisda digital consultation

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

2 thoughts on “Mau Belajar Online Gratis? Cek 5 Website dan Aplikasinya Di sini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: