PTM 2021 dimulai lagi! Bagaimana rasanya?

PTM 2021

Hayo, siapa yang sudah PTM tahun 2021 ini? Setelah hampir setahun sekolah online atau sekolah daring dan ujian sekolah juga kebanyakan online, akhirnya kembali dilakukan PTM juga.

Apa itu PTM?

Singkatan ini populer dikalangan sekolah. PTM singkatan dari Pembelajaran tatap muka, dimana siswa akan berhadapan dengan guru secara langsung di sekolah, seperti proses belajar mengajar sebelum pandemi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Kapan pembelajaran tatap muka dimulai?

Sekitar bulan Juli 2021, PTM 2021 akan dimulai. Tapi dibeberapa daerah sudah mulai diuji coba untuk sekolah tatap muka. Hal ini dilakukan kalau gurunya juga sudah divaksin. Untuk kawasan Cibinong sendiri, ada yang sudah sekolah tatap muka secara shift bergantian harinya, misalnya 1 kelas berisi 32 siswa, 16 siswa sekolah tatap muka di minggu pertama, sisanya sekolah online atau belajar secara daring di rumah. Tidak ada 2 siswa berdampingan, satu siswa menggunakan satu meja dan satu bangku saja dengan memerhatikan jarak antar bangku. Ruangan kelas harus steril dan ventilasi udara yang baik. Sekolah, guru dan siswa juga harus tunduk pada SOP pembelajaran tatap muka yang sudah disepakati bersama.

Memangnya ada SOP pembelajaraan tatap muka ya?

Tiap sekolah mempunyai SOP PTM 2021 dan biasanya dibuat agar siswa dan guru tetap bisa nyaman dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Apa aja isinya? Tergantung dari kebijakan sekolah masing-masing. Pada umumnya SOP PTM seperti ini:

  1. Suhu badan selalu diukur setiap memasuki ruang kelas.
  2. Ada tempat cuci tangan di depan kelas.
  3. Ada jarak antar bangku siswa.
  4. Kelas harus sering dibersihkan dan disteril.
  5. Siswa dan guru dalam keadaan sehat dan tidak memaksakan diri untuk masuk sekolah kalau merasa sakit.
  6. Siswa dan guru memakai masker, membawa masker cadangan dan hand sanitizer.
  7. Siswa dan guru membawa bekal sendiri dan alat solat sendiri.
  8. Menghindari kerumunan dan sekolah menutup tempat berkumpul dan meniadakan ekskul.

Bagi yang kangen sekolah, PTM menjadi salah satu kesenangan sendiri. Apalagi bisa bertemu teman sekelas lagi, yang hampir setahun tidak bertemu, hanya saat sekolah online saja bertemu. Bisa berinteraksi lagi, tanya jawab dengan guru langsung tanpa kendala koneksi internet, bisa melihat ruang kelas lagi, menjadi pengalaman baru lagi. Bagaimana dengan kamu? Komen dibawah ya. Kamu juga bisa lihat beberapa artikel dan tips menarik lainnya di page blog Lisda.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: