Mau kemana liburan saat corona begini?

Candi borobudur 2018

Hayo! Yang kakinya sudah gatel mau liburan saat corona siapa? Akhir tahun makin dekat, walaupun cuti tahunan ditiadakan, biasanya sudah ada yang bersiap ajukan cuti jauh-jauh hari untuk liburan.

Destinasi liburan corona kemana aja ya? Cek daftarnya:

  1. Bogor. Warga Jabodetabek, kalau mau ke Bogor, gampang, hanya tinggal naik commuter saja sudah bisa sampai ke Bogor. Tapi selalu ingat gunakan masker non scuba ya di commuter. Bagi yang membawa keluarga besar dengan anak dan orang lansia, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Di Bogor, banyak tempat wisata yang bisa untuk melepaskan penat, seperti Kebun Raya, The Jungle Waterpark, Bukit Gantole, Taman Wisata Gunung Pancar, dsb.
  2. Bandung. Lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dan internasional untuk liburan termasuk liburan saat corona seperti sekarang. Upayakan selalu melakukan protokol kesehatan juga ya. Tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih Ciwidey, Floating Market Lembang, Trans Studio Bandung, dsb.
  3. Bali. Pulau yang banyak menarik minat siapapun untuk datang, ya Bali. Perhatikan untuk selalu jauhi keramaian ya. Pantai Kuta, Pantai Jasri, Air terjun Aling – Aling, Museum of Ice Cream, Taman Nasional Bali Barat adalah beberapa tempat wisata yang bisa jadi pilihan.
  4. Yogyakarta. Nah ini juga daerah wisata yang sangat menarik, makanannya murah dan tempat wisatanya juga murah loh! Merapi Park, Tebing Breksi, Candi Prambanan dan Ratu Boko, Upside Down Jogja adalah beberapa destinasi wisata menarik di Yogyakarta. Siapkan selalu hand sanitizer dan tissue antiseptic di tas kamu.
  5. Makassar. Next tempat liburan saat corona adalah Makassar, coba saja ke Bugis Waterpark, Air Panas Lejja, Masjid Terapung, Dataran Tinggi Malino, dijamin bisa happy! Jangan lupa selalu gunakan masker dimana pun ya.

Daerah tempat wisata apalagi ya yang bisa dijadikan tempat liburan saat corona? Pastikan tempat wisatanya juga mengutamakan kesehatan dan kenyamanan kita ya. Saya rasa, berlibur di saat corona sih sah saja, asal selalu utamakan protokol kesehatan agar kita bisa liburan nyaman dan tenang. Jangan sampai kita bersikap cuek dan tidak pakai masker atau berkerumun, karena meningkatkan risiko penularan virus.

Check backpacker tips in Indonesia here: https://lisdaikhwantini.com/2018/01/31/backpacker-tips-in-indonesia/

Data wisata liburan saat corona

Kalau kita cek di Google trend, dengan keyword travel dan liburan, search interestnya menurun lebih dari 50% dari tahun lalu. Jadi banyak sekali orang yang tidak melakukan search terkait dua keyword tadi selama tahun ini.
Sejalan dengan data Google trend, data BPS menunjukkan untuk kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2020 sampai bulan Juni ini menurun lebih dari 50% dari tahun lalu. Untuk data penerbangan domestik juga turun lebih dari 80% dari tahun lalu, begitu juga untuk penghunian kamar hotel yang turun lebih dari 20% dari tahun lalu. Terlihat banyak yang menunda untuk liburan di saat corona tahun ini, dan mungkin hanya menghabiskan akhir tahun di rumah atau daerah sekitarnya.

Anda usaha di bidang travel? Mau buat iklan di Facebook, Instagram dan Google, tapi bingung mulai darimana? Hubungi Lisda Ikhwantini Digital Consulting sekarang! Gratis konsultasi loh! Klik di sini.

Bertepatan dengan libur sekolah akhir semester 2020

Setelah melewati PAS atau ujian sekolah di 2020, rata-rata anak sekolah butuh liburan untuk refreshing. Hal ini juga kadang menjadi alasan bagi orang tua mencari tempat wisata saat libur sekolah. Walaupun di saat pandemi, liburan sekolah masih merupakan hal yang ditunggu. Selain daerah wisata di atas, banyak juga yang mengunjungi daerah wisata di Jakarta, seperti Monas, Dufan, Pantai Ancol, dan Setu Babakan. Karena Jakarta tingkat penyebaran corona lumayan tinggi, harus utamakan protokol kesehatan di tempat wisata.

Hayo siapa yang sudah gatal pengen keluar negeri? Cek ya, apa negara tujuan liburan itu sudah aman. Jangan lupa cek juga daerah tujuan di negara tersebut, apakah juga masih aman dikunjungi wisatawan dari luar negeri.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: