Bagaimana cara mengecek skor SEO website? Cek dengan SEO tools berikut ini!

seo

Kalau sudah bicara tentang SEO, untuk pemula seperti saya, terkadang bingung bagaimana cara menilai dan mengecek skor SEO sebuah website. Untuk itu, kita bisa bisa cek dengan menggunakan SEO tool (gratis/freemium) dan tool dari Google. Kalau ada SEO tool gratis lebih baik, karena tools SEO rata-rata berbayar kalau mau menggunakan full servicenya. Skor SEO bisa dicek dari jumlah visit/ session, impression/click, skor CLS/LCP, dll.

Biasanya untuk mengecek skor SEO sebuah website, saya menggunakan tools berikut:

1. Google Analytics

Salah satu tool analytic gratis dari Google ini, ada juga versi berbayarnya yaitu versi 360. Tapi jangan khawatir, dengan versi yang gratis saja, Google Analytics sangat membantu kita untuk mengecek skor SEO website kita. Caranya, bisa langsung ke tab menu Acquisition -> All Traffic -> Channels -> Organic Search. Disitu kita bisa langsung cek berapa visit yang masuk, User, New User, Bounce Rate, Goals, Page/session, dll. Untuk menggunakan tool ini, kita harus sebagai admin atau mendapatkan akses dari admin tool ini.

Google Analytics all traffic channels report
Google Analytics all traffic channels report

Traffic website kamu bulan ini: (klik salah satu)

mobile data

2. Google Search Console

Dulu namanya adalah Google Webmaster. Entah kenapa saya lebih suka tampilan dulu. Di Google Search Console ini, kita bisa cek performance impression, click, CTR, position, issue di website, report Page Experience dan Core Web Vitals, Crawls, Coverage, Inspect URL, submit sitemap, dsb. Tool SEO ini sangat lengkap dan simpel, kita bisa cek skor SEO website dengan Google Search Console. Sama dengan Google Analytics, untuk menggunakan tool ini, kita harus sebagai admin atau mendapatkan akses dari admin tool ini.

Google-search-console-core-web-vitals-update

3. SEMrush

Tool ini menawarkan paket yang lumayan lengkap, dari SEO, Paid media, Content, Social media, dan Local SEO dan tool ini termasuk ke tool freemium, dalam artian, untuk menikmati versi gratis, ada maximum request di dashboar perharinya. SEMrush juga menawarkan sertifikat digital marketing yang cukup digunakan oleh banyak orang. Cara penggunaan dashboard SEMrush juga cukup mudah dan kalau pakai versi berbayarnya, bisa sangat membantu.

SEMrush freemium SEO tools

4. Neil Patel’s Uber Suggest

Banyak orang bertanya di Youtube Craig Campbell, tentang bagus atau tidaknya SEO tool ini. Craig mengakui tool ini adalah tool yang lumayan bagus, tapi dia tidak menggunakannya. Saya sering menggunakan tool ini juga, kalau jatah request di SEMrush sudah habis, atau karena lebih simpel saja toolnya daripada SEMrush. Ubersuggest ini fokus ke Organic traffic lebih simpel dari SEMrush, bisa dibilang khusus untuk SEO dan dipersingkat agar langsung ke intinya. Tool ini masuk ke tool freemium.

ubersuggest neil patel lisda digital consulting

5. Ahrefs

Tool ini juga favorit banget dan banyak dipakai oleh praktisi SEO dari yang pemula mauapun yang sudah mahir. Ahrefs ini menurut saya sangat komprehensif dan banyak dari featurenya yang tidak dimiliki oleh SEO tools lain, terutama sistem filteringnya. Berbeda dengan SEO tool lain, untuk mengecek skor SEO sebuah website, kita harus sign up dan bayar untuk trialnya. Kita juga bisa loh download extention Ahrefs SEO toolbarnya di Chrome.

ahrefs

6. Similarweb

Walau freemium, tool ini juga termasuk tool yang sering dipakai, karena discrepancy dengan Google Analyticsnya termasuk rendah, SEO tool ini sering saya gunakan. Similarweb juga menyediakan extention Chrome.

7. MOZ

SEO tool satu ini saya seringnya untuk mengetahui nilai DA dari sebuah web, caranya dengan install extention Chrome MOZBar, sebelumnya kita harus login dulu agar bisa cek DA PA sebuah website. Untuk versi websitenya, juga ada feature yang bisa kita gunakan gratis, yaitu Keyword Research dan Link Research.

MOZ SEO TOOL

8. Page Speed Insight

Tool ini selalu saya pakai sebagai cara mengecek skor SEO sebuah website, terutama karena ada diagnosa dan opportunity untuk website kita, skor untuk mobile dan desktop juga bisa langsung terlihat. Disitu kita juga bisa cek apa yang bisa kita improve untuk meningkatkan CLS dan LCP. Tool ini gratis dan kita bisa gunakan tanpa harus login.

Page Speed Insight

9. Seoptimer

SEO tool ini juga freemium, tapi untuk versi gratisnya juga sudah cukup untuk memberitahu kita skor dari SEO sebuah website dan cara improvenya, dilengkapi dengan sedikit penjelasan untuk tiap bagian. Tool ini hanya bisa digunakan 1 website untuk 1 hari, jadi gunakan dengan baik :).

Seoptimer SEO tool

10. GT Metric

Ini tool favorit juga bagi pengguna SEO. Chris Palmer sering menggunakan tool ini pada tiap sesi Youtube livenya. Berarti tool ini bisa dipercaya. Menurut saya, tool ini mirip dengan Page Speed Insight, tapi agak sedikit lebih rumit dan skornya sedikit berbeda dengan Page Speed Insight.

GT metrix seo tool

Nah, kalau kamu ada tool lain untuk mengecek skor SEO sebuah website dan cara lain untuk cek skor SEO? Please komentarnya ya. Cek juga beberapa artikel SEO dan artikel blog lainnya ya.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: