Kucing kalau kawin berisik. Kenapa?

shiro cat

Sudah 2-3 hari ini Shiro berisik banget diluar. Siang dan malam ngaong-ngaong. Memang sekarang sedang musim kucing kawin, jadi luar biasa deh berisiknya si Shiro. Menurut pengalaman saya, sejak Shiro setahun, dia sudah berkali-kali kawin dan pernah juga dengar tetangga kucing betinanya melahirkan anak yang polanya mirip Shiro, tapi anak kucing itu mati semua, karena mama kucingnya tidak mau menyusui.

Kenapa kucing kawin berisik? (Opini saya)

  1. Suara yang kucing keluarkan saat kawin, tidak seperti suara mengeong saat lapar atau saat biasanya. Shiro mengeong sangat keras dan entah kenapa suaranya jadi ngebass, padahal biasanya suaranya cempreng.
  2. Untuk kucing jantan, kalau betina yang kucing inginkan tidak muncul, suara mengeongnya makin keras, malah mirip ‘berteriak’. Begitu juga untuk kucing betina, kalau jantan yang dia mau tidak muncul, ngaongnya juga makin keras.
  3. Suara kencang dan keras biasanya berkali-kali dalam sehari.
  4. Kalau saat mengeong keras, kita siram dengan air atau usir, kucing yang mau kawin akan tetap mengeong keras.
  5. Apabila kucing jantan bertemu dengan kucing jantan lain saat mengeong keras, mereka akan bertengkar hebat dan suaranya makin keras.

Apakah kucing kawin terus-menerus?

Saya rasa tidak. Kucing saya yang sudah lebih dari 1 tahun ada 2, jantan dan betina. Mereka mulai menunjukkan tanda-tanda ingin kawin sekitar jeda 3 bulanan. Jadi kalau tiap 3 bulan, siap-siap mendengar suara khas kucing mau kawin. Shiro dan Empon belum disteril, jadi keinginan kawin mereka juga masih kuat dan Empon bisa hamil lagi.

Berapa usia kucing betina dan jantan siap kawin?

Menurut pengalaman saya, usia kucing betina siap kawin sekitar 8 bulan sampai 1 tahun. Alat reproduksi kucingnya sudah matang dan siap untuk menampung bayi-bayi kucing dan siap melahirkan. Waktu Empon pertama kali kawin, sekitar umur 8 bulan, dari 5 anak kucing yang lahir, hanya 1 anak kucing yang hidup, mungkin karena baru melahirkan pertama kali jadi kurang ahli.

Shiro mulai mengeong dan meraung ingin kawin diusia sekitar 9 bulan. Waktu itu dia hilang begitu aja selama 9 hari dan kembali dalam keadaan kurus. Kalau sekarang, saat musim kawin, dia kayaknya lebih memilih daerah sekitar rumah, enggak mau jauh-jauh.

Berapa kali kucing kawin agar bisa hamil?

Sayangnya saya enggak tahu jawaban ini, enggak pernah kelihatan Empon kawin berapa kali. Tapi yang saya tahu, dia kalau kawin, pergi bisa seharian, dan pulang malam, itu pun kayaknya sudah lelah sekali. Saya pernah memergoki dia kawin sekali dengan kucing orange putih dan dia terlihat pasrah saja tuh. Bisa jadi lebih dari 1 kali kucing kawin dalam sehari.

Kucing betina kawin dengan berapa jantan selama musim kawin?

Yang saya tahu, kayaknya Empon, kucing betina saya ini, kawin dengan lebih dari 1 jantan. Mungkin 3 jantan, karena anak yang lahir ada 5 dari kehamilan pertama dan kedua. Polanya kelihatan hanya ada 3 dan pasti ada 1 yang calico, yang lainnya ada campuran orange dan putih, selebihnya putih atau hitam. Anak-anaknya dari kehamilan yang terakhir, ada yang kembar hitam dengan dada putih, 2 calico dan 1 orange putih. Yang calico, bulunya jabrik, mungkin Empon kawin dengan turunan Persia/Anggora sekitar sini.

Untuk kamu yang enggak mau kucing betinanya hamil atau kucing jantannya menghilang cari kucing betina dan mengeong keras-keras, cara steril bisa dijadikan pilihan, walau banyak pro dan kontranya. Apakah suara kucing kawin membuat kuping kamu pengang, atau biasa saja? Tulis komentar kamu ya. Klik ini untuk tahu artikel tentang kucing kampung bos anabul saya.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: