Makanan kucing murah tapi bagus dan berkualitas. Memangnya ada?

makanan kucing murah bagus

Bagi pecinta kucing, seperti saya, yang terjebak di dunia kucing, sudah jadi kewajiban menyisihkan sebagian rejeki alias uang gajian untuk keperluan bos anabul tersayang. Terkadang kita kebingungan memilih makanan kucing yang murah tapi berkualitas, yang kucing mau makan, yang tidak membuat poopnya terlalu bau, dll.

Berikut beberapa brand makanan kucing murah tapi bagus, khusus makanan kering, rekomendasi saya lengkap dengan harga makanan kucing:

  1. Royal Canin Second Age. Entah kenapa ketiga bos anabul saya suka dengan brand Royal Canin jenis ini. Mungkin rasanya enak atau baunya enak, jadi mereka makan tuh. Kecuali Shiro yang ogah-ogahan kalau makan makanan kucing kering. Pilih yang 400 gram ya, harganya bervariasi antara Rp. 50.000,- sampai Rp. 55.000,- Makanan kucing Royal Canin ini kibble atau bentuknya kecil-kecil jadi cocok buat Pipit, si anak kucing kemarin sore. Tapi si Empon juga makan kalau dikasih.
  2. Friskies Seafood Sensation dari Purina. Ini awalnya coba-coba, beli di Indomaret yang 450gram, harganya sekitar Rp. 30.000,- an, eh ternyata Empon, Pipit dan Shiro makan. Selain varian rasanya banyak tuh dalam 1 bungkus, kiblenya juga tidak terlalu besar padahal buat kucing dewasa, bahkan Pipit dari 2 bulan sudah curi-curi makanan ini dari mamanya Empon. Kalau saya biasanya beli yang 1.2kg di online, harganya di Rp. 58.000,- sampai Rp. 65.000,-
  3. Minino Plus. Ini adalah cinta pertama Shiro dan Empon. Awal-awal mereka diadopsi dari gang depan rumah, dikasih makanan kucing kering ini, langsung lahap, padahal usia mereka kira-kira 2 atau 3 bulan. Minino Plus jarang dijual yang fresh packnya, kebanyakan yang repack, tapi karena beli di toko makanan kucing langganan, biarpun repack, baunya enggak langu, masih fresh, harga makanan kucing ini antara Rp. 50.000,- sampai Rp. 55.000,-. Pernah juga beli yang fresh pack 1.3kg, harganya Rp. 60.000,- sampai Rp. 70.000,-, kemasannya bisa ditutup rapat kembali, dan bahan kertas pembungkusnya tebal. Kalau ada yang fresh pack, mending beli yang fresh pack.
  4. Equilibrio adult. Ini teman saya terus menerus rekomendasi makanan kucing ini, dia bilang selain sehat, bos anabul bakalan gemuk dan gemay banget. Harga kemasan fresh packnya berkisar Rp. 60.000,- sampai Rp. 65.000,-
  5. Royal Canin Fit. Sebenarnya belum pernah coba yang ini, tapi katanya bagus untuk kucing outdoor. Bos anabul di sini kan suka banget outdoor-an tuh ya, dari cari makan di tempat sampah, lompat-lompat di genteng tetangga, berantem sama kucing tetangga, kawin dengan kucing garong, dll, jadi mereka butuh nutrisi yang tepat buat kucing petualang ala my trip my adventure. Harga fresh packnya Rp. 48.000,- sampai Rp. 55.000,- untuk yang 400gr.
  6. Bolt Tuna. Ini makanan kucing yang paling murah. Direkomendasikan sama pet shop waktu pertama kali Shiro datang ke rumah. Dia waktu itu lahap juga makannya, mungkin karena lapar banget tuh ya, baru diadopsi, semuanya mau aja. Harganya makanan kucing kering ini murah loh, dari Rp. 18.000,- sampai Rp. 25.000,- per 1kg repack. Biasanya klo yang fresh pack dijualnya 8kg, 20kg gitu, kalau masih coba-coba, lebih baik beli yang 500gram sampai 1kg saja.
  7. Whiskas Junior. Makanan kucing sejuta umat ini juga sempat dikasih ke Shiro dan Empon dulu. Awalnya mereka mau, tapi saat udah mulai seminggu kalau enggak salah, mereka sudah enggak mau lagi, padahal telanjur beli yang sekilo fresh pack. Hikhik… Akhirnya diakali dengan dicampur makanan basah, baru deh mereka mau makan. Ah terserah bos bulu deh. Harga fresh pack 450 gram antara Rp. 25.000,- sampai Rp. 35.000,-, di indomaret juga ada biasanya yang versi mini untuk coba dulu ke anabulnya, cocok atau enggak.
  8. Me-o Adult Tuna. Ini juga dijual di Indomaret yang versi mininya, kalau mau dicoba ke bos bulu dulu juga bisa untuk sekali makan. Awalnya pas dicoba ke Shiro dan Empon, yang mini, mereka mau makan, bahkan berebut. Pas udah beli yang 1kg, eh malah dicuekin, hikhik. Harga fresh pack makanan kucing Me-o Adult Tuna kisarannya dari Rp. 50.000,- sampai Rp. 60.000,-.

Dari makanan kering untuk kucing diatas, ada yang kamu kasih buat anabul kesayangan enggak? Menurut saya, harganya lumayan terjangkau, ada versi 400 gram atau 450 gram nya, jadi kalau mau coba, bisa pakai itu. Note untuk harga, beda toko beda harga, ini hanya harga rata-rata di toko online saja, untuk di toko offline bisa lebih mahal atau sama. Jangan lupa cari toko yang review positifnya lebih banyak daripada negatifnya, baik untuk yang online dan offline. Biasanya untuk yang offline, saya pilih petshop yang banyak review di Google maps. List toko makanan kucing favorit saya ada juga di sini, kebanyakan menggunakan aplikasi Shopee, karena bisa gratis ongkir, dan pakai koin Shopee untuk bantu meringankan ongkir yang kadang bisa sampai 3kg.

Sebenarnya makanan kucing yg bagus brand apa ya?

Selalu terlintas dibenak cat lovers nih, bagus yang mana ya, tanya ke teman atau dokter ya? Sebenarnya, bagus atau tidaknya kembali lagi ke kantong kita. Daftar makanan kucing kering diatas semuanya sudah cukup bergizi, hanya saja ada beberapa kelebihan dan kekurangannya, misalnya dari ingredientnya atau dari bau makanannya atau bahkan bau poop kucingnya. Ada beberapa yang bilang Royal Canin adalah brand paling bagus untuk makanan kucing, ada yang bilang Equilibrio atau Purina, semuanya tergantung dari saku karyawan dari bos bulu, jangan sampai budgetnya melebihi jatah makan kita, yang realistis saja. Kalau saya, saya yakin, memelihara anabul akan ada rejekinya sendiri. Senang rasanya lihat mereka sehat dan kalau habis makan, jilat-jilat mulutnya, tandanya, makanannya enak.

Bagaimana dengan pendapat kamu? Silakan komentarnya ya. Kalau mau tahu artikel tentang kucing kampung bos anabul saya, bisa cek di sini.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: