Gampang kok! Begini cara mendapatkan Featured Snippet di Google Search!

feature snippet contoh

Singkatnya, apa itu Featured Snippet?

Featured snippet adalah box yang berisi bagian dari hasil pencarian di Google Search, yang dipilih oleh Google dan mempunyai posisi paling atas. Biasanya box ini memang spesial banget karena langsung memberi tahu informasi atau jawaban dari keyword yang kita tulis di search bar Google. Jadi kita enggak perlu tuh klik URL dan baca dari URL itu, karena jawaban atau informasi yang kita cari langsung jelas terpampang di feature snippet.

Mau konsultasi gratis tentang artikel SEO? Atau mau membuat iklan di Facebook, Instagram, Youtube tapi masih bingung? Hubungi Lisda segera ya!

Posisi Featured Snippet ada di bagian paling atas Google Search loh!

Kalau ada ads, biasanya feature snippet ini posisinya ada dibawahnya. Seringnya sih feature snippet ini muncul untuk long tail keyword, sekitar 3 atau lebih keywordnya dan biasanya yang spesifik juga. Misalnya keyword diatas, cara menghemat listrik, URL pertama dapat feature snippet.

Seberapa penting sih feature snippet untuk trafik blog kita?

Untuk blogger pemula, mungkin kita punya pertanyaan di atas. Memangnya ngaruh ya kalau kita dapetin feature snippet di Google Search? Jawabannya iya. Menurut Moz, CTR kita bisa naik tuh sampai 8%, revenue dari organic traffic bisa sampai 6 kali lipat, dan trafik bisa naik sampai 30%. Keren kan? CTR adalah click through rate, yaitu presentase click dibagi impression dari sebuah keyword. Ceknya bisa dari Google Search Console. Biasanya CTR organik itu 1%-3%, jadi kalau lebih dari itu, hasilnya pasti bagus banget! Bisa meningkatkan trafik ke blog kita, bahkan kalau kita jualan atau review jualan orang di artikel itu, bisa jadi ada peningkatan penjualan nih!

Jenis Featured Snippet apa saja ya?

  1. Pharagraph. Bentuknya seperti 1 paragraf yang memberikan informasi atau jawaban jelas dari keyword yang kita cari.
  2. List. Bentuknya seperti urutan nomor atau lingkaran kecil-kecil.
  3. Table. Ini benar-benar seperti tabel bentuknya

Biasanya yang paling populer itu adalah pharagraph snippet. Karena memang jenis ini yang memberikan jawaban lengkap untuk keyword yang dicari. Coba ketik di Google Search ‘kenapa kucing keluarkan lidah’, nanti kamu akan lihat seperti apa bentuk paragraph snippet.

1 set Featured Snippet terdiri dari

  1. Image. Biasanya ada beberapa image sekitar 3 atau lebih, bentuknya carousel dan ada button ‘view all’ nya juga. Image ini kalau di klik, masuk ke bagian image di Google Search.
  2. Text, baik itu untuk paragraph, list dan table. Ada tanggalnya di akhir text, kalau paragraph snippet.
  3. URL, yang bisa diklik.
  4. Judul, yang bisa diklik.
  5. About featured snippet dan Feedback di ujung kanan bawah. Dua-duanya bisa diklik. About featured snippet akan masuk ke halaman Google support yang menjelaskan tentang featured snippet sedangkan Feedback itu tempat kita isi feedback dari featured snippet yang kita lihat di Google Search, apakah membantu atau tidak, hateful, racist or offensive, vulgar or sexually explicit, harmful, dangerous or violent, misleading or inaccurate dan kita juga bisa isi komentar tentang featured snippetnya.

Paragraph snippet dari blog

Artikel saya Lagu India populer 2020 dan Cara mudah downgrade Paket Halo dapat Featured Snippet dari Google Search, padahal saya tidak setting apapun, hanya ada bulleted list dan numbered list saja.

featured snippet lisda ikhwantini

Menurut Moz, konten-konten ini kemungkinan besar bisa dapat featured snippet loh: DIY, kesehatan, financial, Mathematical, Requirements, Status dan Transitional.

Bagaimana sih cara mendapatkan featured snippet?

  • Buat judul atau subjudul dengan awal kata-kata berbentuk pertanyaan seperti “Bagaimana..” “Apa..” “Kenapa..” atau yang mirip seperti itu.
  • Buat judul atau subjudul atau paragraf dimulai dengan kata-kata seperti “Cara..”.
  • Masukkan keyword yang spesifik banget untuk topik artikel kamu. Misalnya “cara menghemat listrik”. Ini kan cukup spesifik. Apalagi kalau ditambahkan dengan waktu, misalnya “cara menghemat listrik selama sebulan, dijamin bayar listrik murah!”.
  • Coba ke Google Search dan cek Searches related to untuk keyword yang mau kamu masukkan ke artikel kamu. Disitu kamu bisa cari inspirasi long tail keyword agar mendapat featured snippet.
  • Kamu juga bisa lihat People also ask, bagian ini bisa kamu cek kira2 pertanyaan apa yang paling banyak dicari user. Pakai pertanyaan People also ask untuk jadi judul atau subjudul.

Bagaimana tips cara mendapatkan Featured Snippet di Google Search di atas? Mudah kan? Ini bisa diimplementasikan dengan mudah oleh blogger pemula untuk mendapatkan lebih banyak trafik ke blognya. Cek tips-tips lainnya dari sini! Tidak perlu jadi SEO expert kok, langsung bisa dikerjakan kan? Bagaimana menurut kamu?

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: