Pindah ke GA4 dari Universal Analytics, hey manusia!

Sudah waktunya pindah dari Universal Analytics ke GA4.

Sebenarnya saya agak merasa kehilangan juga nih sama Universal Analytics. Sudah terbiasa menggunakan Google Universal Analytics, terus tahu-tahu ya udah dipaksa pindah. Padahal, saya masih melihat Chase Reiner masih menggunakan UA daripada GA4 dibeberapa postingan di Youtube channelnya. Ya sudahlah, kita hanya berencana, namun bapak-bapak Google yang menentukan. Kita memang dipaksa untuk pindah ke GA4, macam vaksin yang terus kita dipaksa tuh sampai booster, kalau gak, ya ga bisa kemana-mana. Web saya juga tidak terlalu banyak visit, hanya 1 atau 2 orang saja, yang kadang karena terpapar oleh web saya ini jadinya mengontak saya melalui whatsapp, yang dirasa lebih cepat.

Faster response. Promise.

Tahu gak sih WordPress ini cuman versi Premium

Jadi awalnya saya beli web di WordPress biar gampang dan biar sekalian bisa belajar konten SEO. Lumayan lah bisa praktek. Namun, yang menurut saya bisa saya bayar pertahunnya hanya plan Premium, bukan Business. Jadi ada beberapa keterbatasan yang tidak bisa dikerjakan oleh plan Business. Misalnya kayak implement script atau plugin, itu tidak bisa. Plan Premium juga khusus untuk freelancer yang baru terjun kayaknya, dan ongkos pertahunnya lumayan menurut saya.

Plan wordpress

Nah, harga yang dicoret-coret itu karena saya sudah langganan plan Premium 3 tahun, kayaknya, jadi dikasih diskon buat upgrade. Apalagi pas pandemi kemarin tuh diskonnya gede, tapi kalau dihitung-hitung dengan hostingnya, lah jadi manyun dan lumayan. Lah kok jadi ngomongin WordPress plan!

Nah, untuk level plan Premium, kebetulan WordPress kasih cara gampang untuk migrasi dari Universal Analytics ke GA4

  • Masuk ke site setting.
  • Pilih Tools di menu kiri.
  • Pilih Traffic.
  • Scroll ke bawah sampai bagian Google Analytics.
  • Di bagian Google Analytics Measurement ID, masukkan ID dari GA4.
  • Done. Belum sih. Mungkin kita harus menunggu 30 menit seperti yang Google sarankan, atau menunggu 48 jam seperti yang dashboard GA4 sarankan.

Caranya sih enggak rumit ya, tapi resultnya yang rumit. Saya sudah copas Google Analytics Measurement ID dan ganti tuh dari UA ke G-, tapi result visitnya di dashboard GA4 bagian realtime itu 0. Hahahah.. yang kayak gini-gini nih bingung mau nanya siapa, saat orang lain dah level ketinggian di lantai 1000, dan yang gak nyentuh GA4 samsek dan bahkan gak punya website.

Kalau belum ada tanda-tanda kehidupan di dashboard GA4, Menu Report, Realtime, yaudah, tunggu dulu atau ngopi cantik dulu pakai Indocafe coffeemix, makan bolu atau gorengan, baru buka lagi dashboard GA4nya. Kalau masih gak ada juga traffic masuk, tenang, Anda tidak sendirian.

Installation instructions dari Google GA4 untuk WordPress

Google juga menyediakan Installation instructions untuk pengguna web WordPress di dalam Web stream details, tapi seperti yang tadi saya bilang, kalau plan saya itu Premium, jadi tidak bisa tuh mengikuti saran Google, sebab Google mengarahkan kita untuk klik menu Plugin pada setting site WordPress. Menu Plugin bisa diklik, tapi kita kalau mau pakai plugin, pindah dulu ke plan Business. Jadi Google, please jangan samain semua netijen bisa beli plan Business deh.

Installation instructions site WordPress Business plan

Ada yang baru pindah ke GA4 dari Universal Analytics seperti saya?

Leave a comment

Create a website or blog at WordPress.com