Meta/Facebook Domain Verification Failed, bagaimana cara mengatasinya?

Kalimat warning seperti ini: Verification file not found. We were unable to find the verification file; memang bikin ngeri-ngeri sedap. Terus kita harus gimana ya, supaya domain verficationnya success?

Domain Verification Facebook itu apa?

Domain Verification itu ada di menu Brand Safety -> Domains, pada setting Business Manager kita. Domain Verification ini menunjukkan kepada Facebook, bahwa website domain dan Business Manager kita saling terhubung, menunjukkan bahwa Business Manager kita adalah perwakilan dari website kita, dan biasanya ini juga dilakukan berkaitan dengan pixel dan event Facebook yang kita taruh di website. Facebook menyarankan code domain verificationnya diletakkan di website, untuk beberapa keperluan, salah satunya yang berkaitan dengan event. Cek selengkapnya di sini.

Cara implementasi kode meta tag Domain Verification:

Sebelumnya, kita harus menghubungi pihak IT atau developer website kita untuk membantu kita meletakkan meta tag domain verification Facebook. Lalu kita bisa memilih beberapa cara, melalui HTML source code, upload HTML file di Root Directory atau update DNS TXT record. Pilih sesuai kebutuhan dan kemudahan dari tim IT atau developer.

Pada menu Brand Safety -> Domains, pada setting Business Manager kita, kita bisa request access untuk website yang sudah live dan create a new domain. Kalau sudah mempunyai website sendiri, pilih request access. Ketik domain website kita, tanpa http atau https, langsung nama domainnya, misalnya lisdaikhwantini.com dan pilih access apa yang diinginkan, setelah itu klik button Request Access.

Nanti akan terbuka info tentang cara penempatan code meta tag sesuai keinginan kita tadi. Default optionnya adalah melalui HTML source code. Copy dan paste meta tag ke website kita lalu tunggu 72 jam untuk click button Verify Domain. Di bawah ini adalah screenshot contohnya, dan menurut Facebook, Verification file not found dan We were unable to find the verification file.

Meta/Facebook Domain Verification Failed, bagaimana cara mengatasinya?
Meta/Facebook Domain Verification Failed, bagaimana cara mengatasinya?

Kenapa ada warning seperti ini: Verification file not found, we were unable to find the verification file?

Facebook akan mencoba menemukan code meta tag sesuai arahan di business manager tadi pada website kita. Kalau tidak menemukan, pasti ada pesan error file domain verificationnya tidak ketemu. Sebenarnya ada beberapa error pada saat domain verification, salah satunya Verification file not found, error lainnya, bisa dicek di sini. Akan jadi sedikit kebingungan kalau kita tidak familiar dengan istilah programming website.

Penjelasan untuk Verification file not found, juga sangat sedikit dari Facebook, dan disarankan menghubungi chat Facebook support. Chat Facebook Support kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, tapi mereka berusaha untuk memahami issuenya, kalau bahasa Inggris kita tidak lancar.

Menurut Facebook chat support, kebanyakan Verification file not found terjadi karena meta tag dari Facebook ditambahkan dengan beberapa code didepan atau dibelakangnya, sehingga, walau sudah dicoba berkali-kali, Facebook tidak menemukan meta tag domain verification.

See exactly what our scraper sees for your URL, kata Facebook.

Kita bisa mengecek apakah meta tag kita berhasil dijangkau Facebook atau tidak dengan menggunakan tools https://developers.facebook.com/tools/debug/. Dengan mengetik URL kita dan klik Debug button, kita akan melihat apa yang Facebook ‘lihat’ saat mampir ke website kita. Cek paling bawah, dibagian Scraped URL, lalu klik See exactly what our scraper sees for your URL. Cek dengan menggunakan ctrl+f, apakah code meta tag domain verification kita ada di situ, kalau tidak ada, berarti, memang Facebook tidak melihat meta tagnya.

Kebetulan kode meta tag saya tidak ada di situ. Jadi nampaknya, implementasi meta tag saya mungkin salah atau ada penambahan code didepan atau dibelakang meta tag dari Facebook, sehingga Facebook tidak mengenalinya dan domain verificationnya failed.

Dengan mengetahui kenapa Domain Verification Failed dan Verification file not found, bisa membuat kita untuk memecahkan issue yang ada, sampai domain verification kita sukses diverifikasi Facebook. Yuk, simak juga beberapa artikel tentang SEO menarik di blog Lisda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: