Pernah tahu gak, apa itu mudik?

islam ramadhan idul fitri mudik

Mudik selalu dilekatkan dengan Idul Fitri atau Ramadhan. Lalu, apa itu mudik, hayo? Mudik menurut kbbi.web.id/mudik, memiliki banyak arti. Mudik sebagai kata kerja, artinya berlayar atau pergi ke udik (hulu sungai atau pedalaman). Mudik sebagai ragam cakapan atau tidak baku, artinya pulang ke kampung halaman. Mudik juga memiliki arti lain tergantung kata didepan dan dibelakangnya.

Ramadan atau Ramadhan? Yang benar yang mana? Ramadan memiliki arti orang buta dalam bahasa Arab, sedangkan Ramadhan barulah yang dimaksud dengan bulan puasa.

Apa itu mudik di 2021, menurut Google trend

Di 21 April, trend ‘mudik’ meningkat pesat. Hal ini bisa jadi karena ketatnya larangan mudik 2021 yang dikeluarkan pemerintah. Trend ‘mudik’ juga meningkat di 6 Mei 2021, sepertinya sampai akhir bulan Mei akan terus meningkat.

Kalimantan tengah dan Jambi menjadi provinsi top 5 penyumbang ‘mudik’ selain provinsi di pulau Jawa. Kalau search ‘mudik’ di Google, maka yang muncul semua adalah dari news website, termasuk di top stories, PAA dan video. ‘Apa itu mudik’ kalau kita search di Google, malah langsung memunculkan Google translate, di laptop saya, langsung translate dari Bahasa Indonesia ke English, homecoming.

Sekarang yuk kita cek apa itu mudik di Ubersuggest dan SEMrush

SEMrush
Ubersuggest

Kedua tools ini, memberikan volume search yang relatif sama. Menurut SEMrush dan Ubersuggest ‘apa itu mudik’ volume searchnya 1K. Saya sedang tidak menjalankan Google ads, jadi tidak tahu angka pasti untuk ‘apa itu mudik’ dari keyword plannernya Google, saya rasa angkanya kurang lebih sama. Secara trend juga mirip. SEMrush memberikan beberapa related keyword seperti ‘apa arti mudik’, ‘arti mudik adalah’ atau ‘mudik artinya’. Selainkeyword yang berhubungan dengan larangan mudik 2021 atau penyekatan mudik 2021, masih ada netizen +62 yang penasaran justru kepada kata ‘mudik’ itu sendiri.

‘Kompetitor’ kalau kita menulis artikel tentang apa itu mudik:

  1. Google translate. Google merasa keyword ini adalah keyword untuk user yang ingin mengetahui translationnya ke beberapa bahasa. Hmm.. agak aneh menurut saya.
  2. News website. Yah biasalah..
  3. Wikipedia. Memang semua ada di situ.
  4. KBBI website. Harusnya ini yang di top 3 ya.
  5. Blog dari sebuah brand. Hebat ini SEOnya.

Battlenya agak susah ya dengan keyword ini. Tapi bukan berarti tidak mungkin rangking dengan keyword yang berkaitan dengan apa itu mudik misalnya apa arti mudik. Kalau Google merasa artikel dengan keyword ini relevan juga dengan keyword lain yang ‘mirip’, kita bisa ada paling tidak di page 1. Jangan lupa impementasikan beberapa tips SEO dan ketahui update algoritma Google, Core Web Vitals, yang Juni ini sudah mulai di roll out juga sebagai penentu rangking website kita.

Ide konten untuk apa itu mudik 2021

Ide untuk strategi konten seperti biasa, bisa kita cek menggunakan tools SEO. Dari top 10 blue link di page 1, cek masing-masing apa yang membuat Google merasa page tersebut relevan. Urutkan dari URL 1-5, cek apa kelebihan masing-masing. Gunakan PAA untuk judul atau isi konten, kalau perlu gunakan video atau infografis yang menarik untuk mewakili keyword ‘apa itu mudik’ atau yang relevan dengan itu. Kecil memang untuk memenangi news website tapi bukan berarti tidak mungkin.

Ada yang menarik saat saya cek keyword ‘mudik’ di Ubersuggest. Salah satu ide kontennya adalah dari website Ustad Yusuf Mansur yusufmansur.com/mudik-doa-1. Saat saya cek ke URL tersebut, ternyata isinya adalah Mudik Doa, yang terdiri dari 53 kata, yang bahkan tidak ada kekhususan doa mudiknya, tapi lebih kepada nasehat untuk kita yang mudik. Artikel itu dibuat tahun 2015, tapi Ubersuggest masih merekomendasikan page tersebut relevan dengan keyword ‘mudik’. Sungguh menarik, diantara situs berita, muncul ide konten dari sebuah website milik seorang ustad.

Jangan lupa berdoa saat mudik, diawali dengan bismillah, diakhiri dengan alhamdulillah. Terapkan selalu 5M. Virus coronanya masih ada. Kalau diperjalanan disuruh putar balik, ya.. alhamdulillah juga.

Nah sekarang sudah cukup ngerti kan apa itu mudik? Saran saya, patuhi saja peraturan pemerintah supaya kita tenang, semua senang, virus hilang. Bagaimana menurut kamu? Cek beberapa artikel SEOGoogle Analytics dan beberapa tips menarik di blog ini.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: