Bisakah kita mengetahui nama admin di Facebook Page Transparency?

page transparancy facebook

Beberapa waktu lalu saya mencari nama admin dari sebuah Facebook page, sebuah blog luar memberi info, untuk tahu lebih banyak tentang sebuah page, selain dari about, bisa ke tab Page transparency.

Apa itu Page transparency?

Menurut Facebook, dengan keyword ‘Facebook Page Transparency’ di Google search, Facebook mau meningkatkan transparansi dari sebuah Facebook page dengan memberikan beberapa informasi agar pengguna Facebook lebih mengetahui page tersebut tentang apa, dibuat kapan, dan beberapa informasi lain. Sayangnya informasinya juga tidak terlalu banyak disitu. Hmm.. nampaknya Facebook masih mau keep beberapa informasi penting seperti admin dari page tersebut atau bahkan page ownernya. Saya tidak menemukan data admin disitu.

Dimana letak Facebook Page Transparency?

  1. Ke Facebook Page yang kamu inginkan.
  2. Scroll ke bawah, biasanya ada di kiri bawah, tab ‘Page transparency’.
  3. Klik ‘see all’.

Apa saja yang ada di Facebook Page Transparency?

  • Kategori dari page.
  • Tanggal, bulan dan waktu Facebook Page dibuat.
  • Ads yang dibuat oleh Facebook Page.
  • Sebuah button ke ‘Ad Library’. Untuk sebagian besar page, informasinya hanya 4 hal ini. Untuk info dibawah ini, biasanya juga ada untuk beberapa page.
  • Page history, isinya tanggal perubahan nama Pagenya.
  • People who manage Page, kalau ada beberapa orang dari berbagai negara yang manage pagenya, Facebook hanya menampilkan data seperti negara dan berapa orang yang jadi admin dalam tanda kurung, misalnya: Indonesia (5), Not available (1).

Saya tidak bisa menemukan nama admin di Page Transparency. Data-data disitu menurut saya, hmmm… agak kurang ya.

oh God please help my Facebook ads!
WOW!
SEKARANG BISA PASANG IKLAN DI

IGTV!

Apakah Facebook Page admin bisa terlihat? Bagaimana untuk mengetahui admin Facebook Page?

Facebook menyarankan untuk mengontak email atau nomor kontak atau website yang tertera di bagian ‘about’ atau kita bisa message langsung melalui Facebook messanger atau Whatsapp. Tidak ada cara lain. Secara default, Facebook tidak memunculkan nama admin di Page Transparency, sayang sekali.

Sayangnya tidak ada data tersebut di ‘about’ page yang saya inginkan, saya juga tidak tahu bagaimana caranya menghubungi admin atau page owner. CS Facebook biasanya tidak bisa berbuat banyak soal ini. Kalau kita ada kebutuhan klaim Facebook page atau merge page, biasanya CS Facebook akan membutuhkan beberapa dokumen agar proses tersebut bisa dilakukan. Proses ini juga memerlukan waktu yang lumayan lama, karena Facebook harus review pagenya dulu.

Jadi kalau sudah mentok tidak menemukan data admin di sebuah Facebook page, biasanya saya … pasrah.. hahaha.. atau kontak ke Facebook help untuk menemukan jalan tengah. Sebagai advertiser, ada bagian dari Facebook Page Transparency yang bisa kita gunakan, yaitu Ad Library, tools yang cukup bisa membantu memantau apa saja yang dilakukan kompetitor, apabila aksesnya dibuka.

Bagaimana menurut kamu, apakah Facebook Page Transparency cukup membantu dalam urusan transparansinya Facebook? Silakan komentarnya. Cek juga beberapa artikel menarik lainnya di link blog ini.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

One thought on “Bisakah kita mengetahui nama admin di Facebook Page Transparency?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: