Google trend asam lambung, kenapa relate dengan ciri-ciri Corona?

asam lambung di google trend


Nah loh! Siapa yang mengidap asam lambung? Memangnya asam lambung adalah salah satu ciri-ciri corona?

Apa itu penyakit asam lambung?

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah nama lain dari penyakit asam lambung. Yang namanya penyakit, pasti ada pemicunya. Apalagi sakit asam lambung ada di bagian pencernaan dan bisa dialami siapa saja dan di waktu yang kadang tiba-tiba. Sebenarnya asam lambung ini ada fungsinya di dalam tubuh, fungsi asam lambung atau asam klorida (HCI) adalah salah satu enzim di lambung yang memecah makanan dan membunuh mikroorganisme patogen yang masuk ke lambung bersama makanan.

Apa perbedaan penyakit asam lambung atau GERD dan maag?

Nah, ini yang paling sering ditanyakan dan dicari orang karena gejalanya mirip. Padahal sakit maag biasanya karena bakteri, sedangkan sakit asam lambung atau GERD adalah asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan, rasanya panas di tenggorokan, perih di lambung bagian atas dan nyeri di ulu hati. Saya sendiri pengidap asam lambung, biasanya saya kena sakit ini saat stres, kurang tidur, kedinginan, minum kopi terlalu banyak, makan makanan pedas dan terlalu banyak atau minum teh. Saya berusaha menghindari pemicu sakit asam lambung ini, tapi ada daya, minum kopi apalagi animo, membuat saya tidak bisa untuk menahan untuk minum kopi. Rasanya enak, bikin ngangenin dan bikin asam lambung saya juga naik tentunya… ya tapi enak…

Nah itu tadi sekilas tentang asam lambung, coba kita cek seberapa trend sih keyword asam lambung di jagat search?

Asam lambung di Google trend

Asam lambung ternyata posisinya lumayan tinggi dari bulan ke bulan, bahkan lebih tinggi dari maag. Bentuk grafik keduanya mirip. In average, keyword maag hanya setengah dari keyword asam lambung. Ternyata kepo-nya warga +62 terhadap asam lambung lebih tinggi dari maag dan ke-kepo-an ini setiap bulannya lumayan tinggi dan continue, jadi bisa digunakan sebagai ide penulisan konten SEO yang evergreen atau yang dapat menghasilkan trafik tinggi.

Grafik asam lambung tetap tinggi

Selama setahun kebelakang, di periode 3-9 Januari 2021, grafiknya menyentuh angka 100 dan di periode 26 April – 2 Mei 2020, grafiknya menyentuh 92. April dan Mei adalah sekitar bulan Ramadan, jadi wajar memang keyword ini yang jadi favorit, dan obat maag bebas seperti promag, mylanta, dll termasuk menjadi obat yang diburu. Di Januari 2021, entah kenapa memuncak pencarian untuk keyword ini. Ada 1 artikel tagar.id di page 1 Google tentang habib Rizieq Shihab yang terkena asam lambung, mungkin ini yang salah dua nya yang menyebabkan keyword asam lambung populer.

asam lambung artikel lisda

Jakarta bukan top 10 untuk search term asam lambung

Ternyata menurut Google trend, Jakarta tidak masuk subregion di top 10 dan justru daerah luar Jawa yang ada di top 3. Jakarta ada di urutan nomor ke 18. Berikut urutan subregionnya:

  1. North Sulawesi
  2. Maluku
  3. Riau Islands
  4. Special Region of Yogyakarta
  5. Central Java
  6. Papua
  7. South East Sulawesi
  8. Lampung
  9. Central Sulawesi
  10. East Java

Asam lambung hubungan kata-katanya menurut Google ada yang mengejutkan!

Related queries dari asam lambung untuk yang rising, di top 5 adalah ciri ciri corona, obat panas dalam akibat asam lambung dan kenapa asam lambung susah sembuh, titik bekam asam lambung dan cara mengatasi asam lambung naik saat hamil. Lalu apa hubungannya asam lambung dengan corona? Ternyata ada berita tentang Melaney Ricardo saat itu.

asam lambung artikel lisda

Asam lambung di SEO tools

Saya menggunakan Ubersuggest untuk cek volume search dan SEO difficultynya. Ternyata memang sepopuler itu ya keyword asam lambung ini. Pantas saja publisher besar selalu gunakan keyword ini. Hal ini salah satu yang membuat SEO difficultynya mungkin tinggi tapi jangan sedih, long tail keywordnya lumayan makin mengecil scorenya. Justru semakin panjang keywordnya, semakin tinggi cpcnya.

asam lambung artikel lisda

Angka search volume di SEMrush juga tidak jauh berbeda dengan Ubersuggest. Justru secara kompetisi keyword asam lambung lebih kecil. Video asam lambung, madu herbal untuk asam lambung dan madu tj untuk asam lambung justru memiliki Keyword Density lebih tinggi. Untuk variasi long tail keyword, SEMrush juga menawarkan yang lebih banyak untuk versi gratisnya daripada Ubersuggest.

asam lambung artikel lisda

Asam lambung benar-benar bisa membantu untuk meningkatkan visitor ya dilihat dari trendnya juga, baik Google trend, Ubersuggest dan SEMrush. Silakan dicoba loh! Jangan lupa cek tips menarik, artikel SEO dan artikel Google Analytics lainnya di page blog Lisda ya.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

One thought on “Google trend asam lambung, kenapa relate dengan ciri-ciri Corona?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: