Google mulai crawling menggunakan HTTP/2, waduh, apa HTTP/2 ini?

google home lisda

Bagi saya yang SEO pemula dan blogger pemula, HTTP/1 aja saya enggak tahu, apalagi HTTP/2 dan parahnya Google konfirmasi kalau sekarang crawling menggunakan HTTP/2 untuk beberapa website.

Sekilas apa itu HTTP/2

Saya coba rangkum dari beberapa sumber di internet, HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, standard protocol di internet yang mengizinkan user untuk bertukar informasi website. HTTP/2 ini atau HTTP/2.0 atau h2 yang didevelop oleh IETF’s HTTP Working Group dan dirilis tahun 2015 lalu, adalah upgrade besar-besaran dari HTTP/1.1. HTTP/1.1 rekues dan responnya hanya plain text biasa, sedangkan HTTP/2 sudah binary format. HTTP/2 lebih cepat dari segi performa dan waktu untuk loading sitenya, ketimbang HTTP/1.1. Sekarang sudah ada gambaran sedikit kah tentang HTTP/2? Please komen ya.

Bagaimana sih implement HTTP/2?

Cara gampang untuk tahu website kamu sudah HTTP/2 adalah dengan cek ke http2.pro. Copy paste URL website atau blogger kamu dan klik Check button untuk mengetahui apakah website atau blogger kamu sudah HTTP/2 atau belum. Kalau belum, jangan khawatir, karena sebagian besar server web memiliki support ke HTTP/2, dan biasanya butuh sedikit konfigurasi untuk mengaktifkan HTTP/2. Cek ke hosting provider website kamu tentang opsi HTTP/2 ini.

HTTP/2 punya pengaruh enggak ke SEO?

Menurut Yoast HTTP/2 berpengaruh banget ke SEO. HTTP/2 punya speed yang lebih tinggi dengan mengizinkan web server untuk kirim file melalui jalur yang terus terbuka, tidak perlu satu-satu dulu, dan banyak file yang bisa dikirim sekaligus.

Karena site speed menjadi salah satu faktor penentu dari SEO, HTTP/2 yang punya speed lebih tinggi daripada HTTP/1.1, memungkinkan hal itu terjadi. Ditambah lagi Google sudah menerapkan mobile first index dan Google update page experience mengenai loading atau LCP sudah dikonfirmasi, sehingga HTTP/2 ini menjadi salah satu pilihan juga untuk meningkatkan performa site speed website kita. Cobalah untuk upgrade HTTP/1.1 kamu dengan HTTP/2 sekarang ya!

Pengumuman! Google sudah mulai crawling website dengan HTTP/2!

Cakeb! Menurut SEJ, hal ini karena HTTP/2 ini lebih efisien dan lebih cepat transfer data lebih cepat dari yang sebelumnya baik untuk Google bot dan website kita dan menurunkan kemungkinan timeout error saat Google crawling banyak website pada satu waktu. Jadi bisa dibilang hal ini menguntungkan juga dari sisi Google.

Google akan menentukan website mana yang akan di crawl dengan HTTP/2, jadi tidak semua website akan di crawl dengan HTTP/2. Google akan memberikan semacam notifikasi kalau website kita akan dicrawling menggunakan HTTP/2 ini.

Nah, kalau sekarang, kalau kita dapat notif website kita akan dicrawling dengan HTTP/2 paling tidak kita punya sedikit bayangan tentang itu. Untuk blogger pemula atau SEO pemula seperti saya, paling tidak bisa sedikit tidak mengerutkan dahi kalau mendengar hal ini. Haha… Bagaimana menurut kamu? Cek berbagai tips tentang SEO, tips Google Analytics, dan artikel menarik lainnya di lisdaikhwantini.com ya!

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: