Apa itu TLD dan apakah TLD memengaruhi SEO?

what is white hat black and hat seo

TLD memengaruhi SEO? Hmm.. apa ya kira-kira jawabannya? Sebelum itu, kita masuk dulu ke pengertian TLD.

Mau konsultasi digital marketing atau digital ads? Chat kami sekarang >>

Atau klik di bawah ini, tuliskan pertanyaan Anda, pasti kami jawab!

Apa itu TLD?

TLD adalah singkatan dari Top level domain, menurut bluehost.com menunjukkan bagian terakhir dari nama domain setelah tanda titik dan menurut SEMrush adalah mewakili extention dari sebuah domain, misalnya .com, .net, .id, dsb.

TLD ini menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat sebuah website, karena TLD selalu menempel dengan URL website atau blog kita. TLD yang paling populer adalah .com dan .net, tapi karena kedua TLD ini sangat populer, jadi semua orang memilih menggunakan TLD ini untuk website mereka, dan karena sangat populer juga, TLD .com dan .net menjadi mahal dipasaran.

Sebenarnya ada banyak jenis TLD, tapi yang paling sering disebut adalah generic TLD atau gTLD (.zip, .info, .tech) dan country code TLD ccTLD (.id, .uk, .my). Pemilihan gTLD dan ccTLD menjadi alternatif selain .com dan .net. Perusahaan besar dan multinasional biasanya mempunyai TLD .com dan .net, misalnya apple.com, microsoft.com, dan google.com, tapi untuk beberapa industri yang spesifik seperti e-commerce di luar lebih memilih menggunakan .store seperti get.store, industri teknologi menggunakan .tech seperti hachi.tech, industri pendidikan dan riset menggunakan .edu seperti academia.edu, dan TLD lainny selain .com dan .net.

Asian Games yang pernah diselenggarakan di Indonesia juga menggunakan .id sebagai TLDnya, bukan .com. Hal ini menandakan ada banyak pilihan TLD yang bisa kita gunakan untuk website atau blog kita selain .com dan .net. Banyak blogger yang memilih untuk mencari TLD yang paling murah, tapi perlu diingat TLD yang dipilih haruslah sesuai dengan industri kita.

Bagaimana pandangan Google terhadap gTLD dan ccTLD?

Google mengkonfirmasi kalau rangking website tidak dipengaruhi oleh TLD, baik itu gTLD dan ccTLD.

Info yang menarik! Tapi permasalahannya, TLD ini sangat memengaruhi bagaimana user melihat website kita, misalnya bajumurah.xyz dengan bajumurah.com, yang mana yang akan kita pilih? Kita harus berpikir seperti user. Bisa jadi karena TLD kita yang tidak begitu meyakinkan, mereka tidak mau mengunjungi website kita karena dianggap sebagai spam website.

Kombinasi menarik TLD

Memilih nama domain bagi perusahaan besar dan multinasional harus pinter-pinter, kenapa? Karena, kalau sampai salah pilih, bisa-bisa tidak akan ada visitor websitenya dan user yang mau membeli produknya akan merasa ragu hanya karena melihat TLDnya.

Sebagai contoh line.me, salah satu perusahaan instant communication terbesar dan pernah sangat populer di beberapa tahun lalu ini, menggunakan .me sebagai TLDnya, sehingga seolah-olah seperti ‘line me’ atau ‘line saya ya..’ Contoh lain adalah academia.edu, situs akademis Amerika ini lebih memilih .edu daripada .com dan .net. Nama academia dan .edu jadi terasa sangat nyambung dan kuat menempel di ingatan user. Kita juga punya indonesia.travel, sebagai The Official Website of Indonesia Tourism yang lebih memilih menggunakan .travel ketimbang .com dan .net.

Apakah TLD memengaruhi SEO?

Bisa iya. Kenapa? Saat Google tidak mempermasalahkan apapaun TLD yang kita pilih, perhatian user untuk mengunjungi dan mempercayai website kita bukan spam adalah satu hal penting. Sebagus apapun konten atau artikel website kita, kalau TLD yang kita pilih tidak terdengar lazim atau erat kaitannya dengan TLD spam website, bisa jadi website kita akan jadi sepi pengunjung. Karena SEO fokus di organic traffic, hal seperti ini haruslah diperhatikan juga. Apabila misalnya kita mau menjual gamis modern yang murah, kita harus memperkirakan apakah gamismodern.com atau gamismodern.xyz yang menjadi pilihan user untuk mengklik?

Bisa tidak. Kenapa? Balik lagi kepada konfirmasi Google yang tidak peduli apapun TLD kita, asalkan menurut Google website kita paling relevan menjawab rekues user di Google Search dan kita menjalankan white hat SEO, dijamin website kita akan ada di page 1 Google.

TLD indonesia.travel
website indonesia.travel

Website resmi indonesia.travel muncul di page 1 nomor 1 ketika user cari keyword travel to Indonesia. Google berpikir kalau website indonesia.travel sangat relevan dengan keyword tentang travelling ke Indonesia dan bisa dijadikan trusted source juga. Selain itu dengan menggunakan .travel, user merasa website indonesia.travel bisa dijadikan website yang dapat memberikan banyak informasi akurat tentang travelling di Indonesia.

Secara garis besar, kita harus memperhatikan apa yang akan menjadi TLD website atau blogger kita. Menurut SEMrush, TLD ini sangat memengaruhi SEO, tapi tergantung juga apakah efeknya itu negatif atau positif. Tapi menurut saya, tergantung dari TLD yang kita pilih. TLD apa yang kamu pilih untuk website atau domain kamu?

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: