Bagaimana ya daftar online www.prakerja.go.id? Siap-siap untuk Gelombang 12!

Ada yang merasa kesulitan untuk daftar online http://www.prakerja.go.id? Siap-siap tahun depan ada gelombang baru yang akan dibuka loh!

Cara Mudah Daftar Online http://www.prakerja.go.id, step by stepnya:

  1. Pastikan nomor telepon Anda aktif. Jangan mendaftar prakerja dengan nomor yang sebentar lagi akan mati, atau nomor yang sedang dalam masa tenggang. Nomor ini juga digunakan untuk pengiriman kode OTP nantinya.
  2. Beli kuota internet yang cukup. Jangan sampai nanti ketika proses pendaftaran, kuota internet kita tiba-tiba habis, lalu kita haru mengulang lagi proses perdaftaran prakerja dari awal.
  3. Pastikan Anda punya Gmail, karena untuk verifikasi daftar online prakerja dan login http://www.prakerja.go.id nanti butuh Gmail.
  4. Buka http://www.prakerja.go.id, dan Anda klik ‘Daftar Sekarang’.
  5. Website dashboard.prakerja.go.id/daftar akan terbuka, segera isi dengan alamat email Gmail, ketik password dan konfirmasi passwordnya. Pastikan password prakerja mengandung kombinasi huruf dan angka ya. Centang juga kalimat ‘Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku’. Lalu klik daftar.
  6. Sebuah pop up akan muncul yang isinya: Link verifikasi telah dikirimkan ke email Anda. Segera cek email dan klik tombol Verifikasi Email agar bisa melanjutkan proses pendaftaran Kartu Prakerja. Klik ‘Kembali ke Login’.
  7. Buka Gmail Anda, cari email dari prakerja, subjek emailnya: Verifikasi Email untuk registrasi Prakerja, dari no-reply@prakerja.id. Jangan dibalas ya email ini. Langsung saja klik ‘Verifikasi Email Sekarang’. Anda harus verifikasi email prakerja ya, supaya Anda bisa login website prakerja nya.
  8. Website prakerja akan terbuka lagi, dan ada pop up email Anda sudah terverifikasi, lalu klik ‘Lihat Dashboard’. Segera login dengan Gmail dan password yang sudah Anda masukkan tadi saat daftar prakerja nya. Centang ‘Ingat Saya’, supaya kita tidak perlu lagi mengisi password dashboard prakerja ya.
  9. Lalu, isi nomor KTP, nomor KK dan tanggal lahir. Isi dengan data yang sebenar-benarnya ya, lalu klik ‘Lanjutkan’. Apabila susah atau sulit daftar atau tidak valid saat memasukkan nomor KTP dan KK, Anda bisa klik ‘Minta Bantuan’ di sudut kanan bawah.
  10. Di bagian ‘Data Diri’, masukkan data diri Anda sesuai KTp yang beralu dengan sebenar-benarnya, dan masukkan juga foto KTP Anda ya. Pastikan foto KTP nya jelas dan tidak buram, sesuai dengan panduan foto KTP yang tersedia.
  11. Pada bagian ‘Nomor HP’, isi nomor Anda yang aktif lalu klik ‘Kirim’. Anda akan menerima SMS kode OTP yang harus diisi di kolom Verifikasi OTP, lalu klik ‘Verfikasi’.
  12. Lalu akan muncul ‘Pernyataan Pendaftar’. Akan ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab sesuai dengan kondisi Anda saat ini, isi semuanya lalu klik ‘Oke’.
  13. Setelah itu, Anda wajib mengisi Tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Klik ‘Mulai Tes Sekarang’. Ada sekitar 10 pertanyaan yang harus Anda pilih jawabannya. Jangan khawatir tesnya mudah kok, hanya untuk mengetahui kemampuan logika dasar saja. Setelah mengisi tes, hasilnya akan dievaluasi.
  14. Setelah isi tes, voila, Anda sudah bisa mengikuti prakerja sesuai dengan gelombangnya. Di bagian ‘Daftar Gelombang’ klik ‘Gabung’ dan ‘Ya, Gabung’ untuk semua list yang tersedia, karena kalau Anda tidak lolos di gelombang saat ini, Anda bisa saja dipilih untuk gelombang berikutnya!
  15. Setelah gabung, akan muncul Persetujuan Kartu Prakerja, klik ‘Saya Menyetujui’. Selesai sudah daftar online http://www.prakerja.go.id nya! Gampang kan?

Mudah kan cara daftar online http://www.prakerja.go.id?

Lalu, setelah daftar online prakerja berhasil, Anda harus sering-sering lihat dashboard prakerja Anda untuk mengecek apakah Anda sudah lolos di gelombang yang tadi sudah Anda pilih. Biasanya akan ada notifikasi SMS juga ke nomor yang Anda daftarkan.

Cek di bagian ‘Dashboard’ Anda, untuk melihat apakah Anda sudah lolos seleksi atau belum secara berkala ya.

Lalu bagaimana kalau tidak lolos seleksi Gelombang Prakerja?

Tenang, apabila Anda tidak lolos seleksi gelombang prakerja, Anda bisa mengikuti gelombang prakerja yang tersedia. Jadi bukan berarti kalau Anda tidak lolos di gelombang yang sudah Anda pilih di saat pendaftaran prakerja, Anda tidak boleh lagi ikut gelombang selanjutnya. Anda tetap bisa kok, ikuti gelombang yang tersedia di dashboard prakerja. Jangan putus asa, terus gabung dengan gelombang yang tersedia ya.

Jadi, kesimpulannya:

Untuk Anda yang ingin daftar online http://www.prakerja.go.id, tinggal ikuti step by step diatas ya. Jangan lupa pastikan nomor dan email Anda aktif, ingat selalu password prakerja, cek secara berkala dashboard prakerja, dan isi seluruh data saat pendaftaran prakerja dengan sebenar-benarnya. Saat ini gelombang 11 sudah ditutup, ini adalah gelombang terakhir untuk tahun 2020. Tapi tenang, gelombang 12 akan dibuka lagi tahun depan, yuk buruan daftar online prakerja nya!


lisda ikhwantini digital consulting
Advertisements

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

One thought on “Bagaimana ya daftar online www.prakerja.go.id? Siap-siap untuk Gelombang 12!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: