TERUNGKAP! Begini 10 cara menghemat listrik

Era pandemi seperti sekarang ini, kita harus pintar-pintar mengatur keuangan agar tidak terlalu banyak pengeluaran di rumah. Begini 10 cara menghemat listrik yang bisa diimplementasikan di rumah.

  1. Cabut kabel steker dari terminalnya. Jangan dibiasakan untuk terus-menerus mencolokkan kabel steker elektronik seperti charger hp/laptop, tv, radio, komputer, kipas angin, dsb. karena listrik akan terus mengalir.
  2. Matikan lampu, kipas angin dan AC kalau sudah tidak diperlukan. Misalnya ketika pagi hari, semua lampu bisa dimatikan. Buka semua jendela, agar penggunaan AC tidak diperlukan saat pagi dan siang hari.
  3. Gunakan lampu LED menjadi salah satu cara menghemat listrik. Dari segi harga, lampu LED memang agak lebih mahal dari lampu biasa, tapi lampu ini mampu menghemat energi listrik di rumah kita.
  4. Beralihlah ke listrik dengan sistem pulsa atau prabayar. Dengan sistem ini, kita akan lebih bisa menghemat daripada menggunakan sistem pasca bayar yang dibayar tiap akhir bulan, karena kita harus beli token/pulsa dulu dan menggunakannya sehemat mungkin agar tidak cepat habis.
  5. Siapa yang dirumah menggunakan magic com atau rice cooker? Sebaiknya gunakan rice cooker seperlunya saja atau gunakan magic com juga hanya untuk menanak nasi saja. Bagi kalian yang tidak bisa makan dengan nasi yang sudah dingin, kalian bisa gunakan magic com, tapi cukup dinyalakan kalau ingin nasi yang hangat saja, jangan terus menerus menyalakan ‘heat’ di magic com, hal ini akan memakan daya listrik yang lumayan besar. Cara ini adalah cara menghemat listrik yang lumayan ampuh.
  6. Ada beberapa orang yang suka menyalakan tv sampai ketiduran. Padahal ini salah satu yang membuat energi listrik terus menerus mengalir, dan meningkatkan tagihan listrik kita.
  7. Sering charge hp sebelum tidur? Nah, cara menghemat listrik lainnya adalah jangan biasakan mengecharge hp dan ditinggal tidur, ya, karena hal ini membuat daya listrik terus mengalir ke hp walaupun baterai hpnya sudah full.
  8. Bijak menggunakan mesin cuci. Kalau di rumah ada mesin cuci, usahakan jangan mencuci baju dengan mesin cuci setiap hari, gunakan 3 hari atau seminggu sekali. Untuk pakaian dalam, kita bisa menguceknya dengan tangan saja.
  9. Gunakan toren air. Toren air berfungsi untuk menampung air untuk kebutuhan kita di rumah, tanpa harus terus menerus menyalakan jet pump atau keran PAM. Jadi kalau butuh, air akan dialirkan dari toren saja. Harga toren air memang lumayan mahal tapi hal ini adalah salah satu cara menghemat listrik di kemudian hari.
  10. Gunakan peralatan elektronik yang hemat listrik. Terutama kulkas yang hemat listrik. Kulkas adalah alat elektronik yang harus terus dinyalakan agar bisa berfungsi optimal. Dengan menggunakan kulkas hemat energi, diharapkan tagihan bulanan listrik tidak jebol.

10 cara menghemat listrik diatas bisa kita coba mulai sekarang untuk lebih menghemat listrik di rumah. Kalau misalnya tinggal di kost, juga bisa dicoba. Intinya, kita harus cek lagi kebiasaan kita sehari-hari dalam penggunaan listri, karena tanpa kita sadari bisa saja hal itu menjadi penyebab tagihan listrik kita naik. Ada cara lain kah yang menurut kalian bisa menghemat listrik? Silakan komentarnya. Cek tips dan how to lainnya di sini.


contact lisda ikhwantini

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: