Cara Intip Facebook ads kompetitor di Facebook Ad Library

page transparancy facebook

Mudah banget loh caranya untuk tahu ads apa saja yang kompetitor lakukan! Cek sekarang di Facebook Ad Library.

Cukup ketik URL facebook.com/ads/library/ atau ke page yang kamu inginkan dan scroll ke kiri bawah, di tab Page Transparency, klik ‘See all’ button, scroll kebawah klik button ‘Go to ad library’. Disitu kamu bisa intip dan cek apa saja ads yang sedang aktif di page kompetitor, dengan langsung cari nama pagenya atau menggunakan keyword kompetitor.

Apa itu Facebook Ad Library?

Menurut Facebook, Ad library adalah tempat kita bisa cari ads yang sedang jalan/active ads di Facebook platform dan cek informasi ads tersebut. Selama ads itu aktif, kita bisa cek, bentuk adsnya, reportnya dan materi kreatif yang digunakan. Ad Library cukup berguna kalau kita mau membuat strategi digital ads yang menggunakan Facebook platform. Penggunaannya juga cukup mudah.

Berikut cara untuk menemukan dan menggunakan Facebook Ad Library:

facebook ads library keyword
Facebook ads library keyword Wardah
  1. Copy paste URL berikut facebook.com/ads/library/ atau ke page yang kamu inginkan dan scroll ke kiri bawah, tab Page Transparency, klik ‘See all’ button, scroll kebawah klik button ‘Go to ad library’.
  2. Di kolom Search ads, select country ‘Indonesia’ dan select ad category, pilih ‘All ads’. Kecuali kamu ingin mencari ads yang berkaitan dengan social issue dan politik, pilih ‘all ads’.
  3. Di bagian search by keyword and advertiser, ketik page atau keyword yang kamu inginkan. Ads akan muncul sesuai dengan apa yang kita cari.
  4. Klik ‘See ad details’, kita bisa melihat full version adsnya dan melihat multiple version ads tersebut. Bahkan kita juga bisa klik CTA button di previewnya.

Sampai sini, Facebook Ads Library terlihat cukup menarik. Dengan mengetahui sekilas ads yang aktif dijalankan, kita bisa membuat strategi yang lebih maksimal lagi. Sayangnya, tool ini tidak bisa capture jumlah impression atau engagement pada materi adsnya, tidak ada estimasi budget, apakah mereka melakukan BLS, type ads tidak ada, dll; jadi memang transparansi menurut Facebook hanya sebatas menampilan adsnya saja.

WOW!! SEKARANG SUDAH BISA PASANG ADS DI

Bagaimana cara cek dan melihat ads dari Facebook page kita?

Kamu bisa cek melalui Page Transparency atau melalui ads library. Mirip seperti cara diatas, gunakan Facebook page kamu atau cari di kolom search nama Facebook kamu/keyword brand kamu. Terkadang hal ini bisa dijadikan pilihan kalau ada klien yang mau memasang Facebook ads melalui kita, tapi kita belum tahu bentuk ads apa yang sedang mereka jalankan.

Jujur saya kalau membuat strategi media, kadang saya suka melihat tools ini. Tetapi, balik lagi ke strategi media kita, apakah kita bisa mencontoh yang dilakukan kompetitor atau kita mau one step ahead dengan menggunakan cara lain. Bagaimana menurut kamu? Pernah pakai Facebook Ad Library? Silakan komennya ya. Cek juga beberapa artikel menarik lainnya di link blog ini.

Pasang iklan di Tiktok sekarang gampang banget loh!

Gak percaya?

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

One thought on “Cara Intip Facebook ads kompetitor di Facebook Ad Library

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: