Daftar menu sarapan pagi saya. Gampang carinya, gampang buatnya!

nasi goreng lisda

Memangnya manfaat sarapan pagi apa saja sih?

Sarapan pagi punya banyak manfaat sebenarnya, tapi kadang kebanyakan orang suka melewatkan sarapan pagi, karena banyak alasan, seperti tidak biasa sarapan pagi, cukup minum susu, diet yang salah, malas menyiapkan sarapan, dan banyak alasan lainnya lainnya. Padahal sarapan pagi ini sangat penting sebagai sumber energi tubuh untuk memulai hari. Saya adalah orang yang butuh banget sarapan pagi, kalau tidak sarapan rasanya badan lemas dan perut bisa bermasalah alias penyakit asam lambung bisa segera datang tuh.

Berikut beberapa manfaat sarapan pagi yang bisa kita camkan dalam hati:

  1. Mengisi kembali dan mingkatkan level energi kita di pagi hari.
  2. Meningkatkan kemampuan konsentrasi dalam jangka pendek.
  3. Sumber nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti kalsium, zat besi dan vitamin, protein dan serat.
  4. Menstimulasi otak.
  5. Menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.
  6. Meningkatkan metabolisme.

Banyak lagi manfaat sarapan pagi yang bisa kita rasakan. Bagi yang tidak terbiasa sarapan, bisa dimulai dengan makanan yang sedikit porsinya dulu, agar tidak eneg saat mulai beraktifitas.

Berikut daftar menu sarapan pagi saya, yang bisa kamu terapkan di rumah:

  1. Nasi goreng. Dengan bantuan bumbu instan yang banyak beredar di pasaran, membuat nasi goreng secara cepat tidaklah sulit lagi, tinggal plung plung, jadi deh! Pelengkapnya bisa sosis, bakso, telor, atau ayam goreng.
  2. Telor ceplok atau telor mata sapi. Saya biasanya suka makan telor mata sapi setengah matang, supaya ketika dibelah bagian kuningnya masih lumer… nyam nyam! Gunakan mangkok berisi nasi panas dan diatasnya taruh telornya, pakai kecap atau bawang goreng bila suka.
  3. Nasi uduk atau nasi kuning. Makanan ini mudah didapat di dekat rumah, di grab atau gojek juga pasti ada. Nasi uduk hangat lengkap dengan orek tempe, telor, mie, sambal, teri kacang dan kerupuk. Sarapan pagi yang mantap!
  4. Lontong sayur. Kuah lontong sayur yang gurih dengan sayuran pepaya muda atau labu siam, lengkap dengan kerupuk, bawang goreng dan sambal, sungguh membangkitkan tenaga!
  5. Oat. Yang paling gampang dibuat adalah brand Quaker Oats. Tinggal seduh dengan air panas, tambahkan irisan pisang atau sedikit madu. Sarapan pagi untuk diet dan lebih sehat ini dipercaya bisa membuat kenyang lebih lama.
  6. Roti. Rekomendasi saya, selain Sari Roti, My Roti juga bisa dijadikan pilihan. Olesi dengan mentega dan meses Ceres/Nutella atau buat sandwich sederhana dengan lembaran selada, daging asap atau daging ham yang dimasak dan irisan tomat, sedap! Jangan lupa tambahkan sandwich dengan saus sambal atau mayonese. Hmmm!
  7. Jus. Ini juga salah satu sarapan sehat untuk diet yang bisa mengenyangkan. Campuran pisang dan jeruk atau pisang dan strawberry bisa dijadikan pilihan. Pilih pisang brand Sunpride biar kenyang dan tebal dagingnya. Tidak perlu tambahan gula, karena biasanya pisangnya sudah manis.
  8. Singkong/ubi goreng atau rebus. Ini juga gampang sekali membuatnya. Bisa dibeli juga. Lengkapi gorengan bakwan atau pisang, kalau kamu suka.

Bagaimana? Ada daftar menu sarapan pagi lain yang mau kamu tambahkan? Silakan komen ya. Kamu juga bisa lihat beberapa artikel dan tips menarik lainnya loh, artikel SEO dan artikel Google Analytics di page blog Lisda. Ayo mulai hari dengan sarapan pagi!

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: