Webpages vs Websites, yang mana yang lebih ranking di Google?

google home lisda

Kalau websites, kita sudah sering dengar. Bagaimana kalau webpages? Apalagi ini Ya Allah! Tenang, pas baca judul ini di Search Engine Journal juga rada bingung nih, apa ya webpages? Kenapa Google lebih milih me-rangking-kan webpages daripada websites? Ada efeknya enggak ke SEO kita?

Mau konsultasi SEO gratis? Klik di sini!

Atau mau konsultasi iklan digital? Bisa chat kami juga!

Kita cek dulu, apa itu Websites dan Webpages?

Apa itu Websites?

Walaupun sering kita mendengar kata website ini, tapi pengertian dan arti website, kadang kita masih bingung menjelaskan. Website atau biasanya disingkat site adalah kumpulan halaman-halaman web atau webpages, yang saling berhubungan satu sama lain, dalam satu kesatuan dan bisa dilihat orang lain. Brand, perusahaan, orang atau komunitas bisa memiliki website, misalnya telkomsel.com, detik.com, wikipedia.org dan.. lisdaikhwantini.com. hehe..

Apa itu Webpages?

Webpages atau biasa disebut pages atau bahasa Indonesianya adalah halaman, berada di dalam sebuah website atau site, yang terdiri dari text, image, html5 dan elemen lain yang mewakili sebuah kategori. Misalnya homepage atau home adalah sebuah page yang mewakili sebuah website secara keseluruhan dan mempunyai link ke banyak kategori page didalam sebuah website. Mungkinkan sebuah website mempunyai 1 webpage saja? Bisa. Website seperti ini kadang mempunyai banyak link ke luar dari websitenya dan hanya digunakan untuk sementara waktu.

Google ranks webpages, not websites, katanya.

Yang selalu jadi perdebatan bagi praktisi SEO, ya ini, Google ranks webpages, not websites. Selama belum ada konfirmasi langsung dari Google, akan selalu jadi hot topic. Kayaknya selama Google diem-diem aja tuh, masih akan terus hangat perdebatan ini. Sampai akhirnya John Mu, nge-love tweet tentang ini di twitter. SEJ, bahkan membedahnya menurut Content, Webpage Design, and Authority.

Untuk content, sebagai contoh, bisa di cek di news website seperti detik.com, di situ banyak banget topik yang diangkat, bukan hanya berita terkini, tapi juga dari kesehatan sampai gosip. Masing-masing page di dalam website bisa saling ranking di Google Search dan tidak bikin sakit SEO campaign kita, walaupun broad banget tuh topiknya.

Untuk Desain webpage, nah kalau ini dari sisi subdomain dan subfolder. Subdomain itu seperti blog.lisdaikhwantini.com sedangkan subfolder itu seperti lisdaikhwantini.com/blog. Waktu John Mu ditanya bagusan mana tuh buat SEO? Terserah katanya, karena Google akan memperlakukan subdomain dan subfolder sama.

Urusan Authority atau link, Google menilai Authority dari tiap page atau webpage itu berbeda, ada yang rangkingnya tinggi, ada juga yang rendah, padahal masih dalam 1 website. Hal ini karena tiap page mempunyai link dari luar website yang berbeda banyaknya dan Authoritynya, begitu juga internal linking dengan page lainnya.

Tapi pastinya kalimat Google ranks webpages, not websites akan terus menimbulkan kontroversi benar atau tidaknya. Lebih banyak lagi konspirasinya kalau Google diem aja, enggak peduli. Bagaimana menurut kamu? Jangan lupa cek beberapa artikel dan tips menarik lainnya, artikel SEO dan artikel Google Analytics di page blog Lisda.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: