Coba salah satu SEO keyword tools gratis terbaik, Ubersuggest Neil Patel, yuk!

ubersuggest neil patel lisda digital consulting

Untuk mengerjakan SEO campaign, kita butuh untuk mengetahui best free SEO tools, cara membuat blog yang SEO-friendly, dan banyak hal lain tentang SEO campaign, termasuk juga mengetahui salah satu SEO keyword tools gratis terbaik Ubersuggest dari Neil Patel.

How to use Ubersuggest, it’s easy!

Butuh bantuan menggunakan SEO keyword tools gratis seperti Ubersuggest atau SEMrush? Chat kami sekarang juga!

Salah satu SEO Tools Gratis dan Terbaik untuk Riset Keyword

Belum dicoba, belum tahu rasanya. Kira-kira begitu, menurut saya, tentang Ubersuggest dari Neil Patel ini. Tools ini bisa dicoba secara gratis sampai mencapai limitnya. Kita bisa cek mulai dari domain overview, top SEO pages, keyword suggestions, content idea dan backlink data. Ubersuggest ini lebih sederhana bentuknya jika dibandingkan dengan SEO keyword tools SEMrush. Tools ini juga bisa meng-cover Indonesia, jadi jangan khawatir ya.

Ubersuggest juga bisa digunakan untuk keyword finder gratis dan salah satu pilihan keyword planner gratis yang bisa digunakan oleh blogger pemula dan spesialis SEO campaign. Warna orange khas dari tools ini, ditambah dengan foto Neil Patel di bagian kiri atas, membuat tools ini cukup mudah diingat.

Pro tips: Cek beberapa tips mudah Google Analytics di sini https://lisdaikhwantini.com/category/tips/google-analytics/ dan https://lisdaikhwantini.com/category/tips/seo/

Ubersuggest Saingan Google Keyword Planner?

Bisa jadi. Seperti kita tahu untuk mengetahui nilai exact volume search dari Google keyword planner, kita harus sedang menjalankan sebuah campaign di Google adwords terlebih dulu. Kalau kita tidak menjalankan campaign apapun, Google keyword planner hanya menampilkan angka perkiraan/range saja.

Sedangkan, kalau kita menggunakan Ubersuggest, salah satu SEO keyword tools terbaik, kita bisa mengetahui volume search langsung di dashboard, dengan nama volume, ada di bagian Keywords by Traffic di menu Competitor Reports. Volume disini maksudnya adalah search volume selama 1 bulan.

Selain itu, kita bisa juga mengetahui nilai CPC dari keyword yang kita inginkan. Klik menu Keyword Overview di menu Keyword Analyzer. Ketik keywordnya. Nanti akan muncul trend, volume (Search Volume), CPC, PD (Paid Difficulty atau Competition) dan SD (SEO Difficulty). Disitu juga akan ada estimate Visit, Backlinks dan social share Facebook dan Pinterest.

Beberapa pertanyaan fitur Ubersuggest Neil Patel:

Ubersuggest untuk keyword research bisa enggak?

Bisa! Sebagai salah satu SEO keyword tools terbaik, Ubersuggest memberikan kemudahan user untuk keyword research atau riset keyword. Riset keywords ini ada di menu Keyword Analyzer di bagian Keyword Ideas dan Content Ideas. Di bagian Keyword Ideas berisi Keywords suggestion, related, question, preposition dan comparison. Disebelah kanan, ada daftar top 100 URLs dari keyword yang kita masukkan, dilengkapi dengan estimate visit, backlink, domain score dan social shares.

Di bagian Content Ideas, kita akan mendapatkan URLs dan Page Title yang menggunakan keyword yang kita masukkan, dilengkapi dengan estimate visit dan backlink. Kita bisa gunakan ini untuk mengetahui konten apa yang diposting di URLs tadi.

Bagaimana dengan analisa traffik atau traffic analytics di Ubersuggest?

Ubersuggest mampu menganalisa traffic analytics, di menu Competitor Reports, bagian Traffic Overview. Modelnya mirip dengan yang ada di SEMrush dengan penampilan yang lebih sederhana. Ketik domain yang mau dianalisa, nanti kita bisa melihat Organic Keywords, Organic Monthly Traffic, Domain Score, Backlink, SEO keyword ranking, dan Top SEO pages. Sayangnya disini tidak ada source dari traffic yang masuk ke website yang kita cari, berapa direct, organic, social, emails, referral, paid, dsb.

Sebagai salah satu SEO keyword tools gratis terbaik, Ubersuggest terus menambahkan tools tambahan. Misalnya Competing Domains. Di sini, kita cukup memasukkan domain, dan Ubersuggest akan memunculkan kompetitor domain dengan common keywords, keywords gap, estimated traffic dan backlinknya.Cek keyword gap agar kita bisa ranking dengan keyword tersebut juga.

SEO technical audit di Ubersuggest ada enggak?

Ada. Cek menu SEO Explorer lalu ke bagian SEO Analyzer. Disitu akan ada SEO score, organic monthly traffic, organic keywords, backlinks, health check, critical error, warnings, recommendation, site speed, top seo issues.

Data Backlinks di Ubersuggest dimana?

Cek menu SEO Explorer lalu ke bagian Backlinks. Sebagai salah satu SEO keyword tools gratis terbaik, Ubersuggest meringkas report backlinks dalam 1 page, yang terdiri dari domain score, backlinks, referring domains, grafik backlinks overtime dan new and lost backlinks, page score, link type, anchor text, first seen dan last seen. Cek data backlinks ini agar kita bisa analisa backlinks yang dimiliki oleh page kita dan kompetitor kita.

Apabila Anda suka dengan artikel ini, mohon berikan bintangnya di sini: Lisda Ikhwantini Digital Consulting GMB

Ubersuggest Pricing

Apakah Ubersuggest Berbayar?

Ya. Kalau kita lihat Ubersuggest pricing di button Plans and Pricing, harganya dibawah SEMrush. Diskonnya kalau bayar per bulan, diskonnya 70%, kalau per tahun diskonnya 90%. Ada 3 pilihan paket yaitu Individu, Business dan Enterprise atau Agency. Lumayan bukan diskonnya?

Gimana caranya memakai Ubersuggest gratis?

Kita bisa menggunakan Ubersuggest gratis dengan sign up atau tanpa sign up. Ada 7 hari free trial juga loh kalau kita memilih salah satu paketnya. Detail dari tiap paketnya bisa terlihat dengan klik button pull down yang tersedia. Berbedanya dengan Ubersuggest berbayar, kalau yang gratis ada limitation data yang disajikan (hanya data 3 bulan kebelakang saja yang ditampilkan) dan ada limit dari request yang kita klik di dashboard aplikasinya.

Lalu, sekarang mau enggak pakai salah satu SEO keyword tools gratis terbaik, Ubersuggest ini? Mohon komentarnya ya.

Published by Lisda Ikhwantini

Digital Media Specialist and commenter

One thought on “Coba salah satu SEO keyword tools gratis terbaik, Ubersuggest Neil Patel, yuk!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: